Pages

Sunday 17 February 2013

Memilih distribusi Linux

Mungkin sampai sekarang masih banyak dari antara kita yang masih bingung dalam memilih distribusi linux. banyak yang berpendapat bahwa masing-masing distribusi sebenarnya sama satu dengan yang lainnya. pada dasarnya memang ya, tapi jika kita berbicara tentang penggunaan sehari-hari maka mereka tidaklah sama. mengapa anda memilih Debian dibanding Fedora atau Ubuntu dibanding Mandriva?




Hirarki Direktori

Ini merupakan salah satu hal yang selalu membingungkan. harusnya ada suatu standar yang menjadi pegangan semua distribusi. namun kenyataannya adalah tidak ada. sebagai contoh misalnya sistem init (sistem inisialisasi). pada sistem Fedora dan turunannya anda akan menemukannya di /etc/rc.d/init.d. pada sistem Debian dan turunannya anda akan menemukannya di /etc/init.d. namun, anda tetap harus punya standar sendiri. pada waktu pindah dari Fedora ke Ubuntu misalnya, kita butuh waktu untuk mengetikkan perintah dari /etc/rc.d/init.d/mysql start menjadi /etc/init.d/mysql start. jika anda sudah terbiasa dengan satu distribusi, janganlah pindah atau siap-siap saja menghadapi error "command not found".

Desktop

Linux mempunyai beberapa pilihan desktop. pastikan anda memilih distribusi dengan desktop yang diinginkan. jika ingin GNOME, gunakan Fedora. anda bisa melihat daftar distribusi yang menggunakan GNOME sebagai default di http://www.kde.org/download/distributions.php. tentu saja pilihannya tidak hanya GNOME atau KDE. salah satu desktop alternatif yang popular adalah Enlightenment. beberapa distribusi yang menggunakan Enlightenment sebagai default adalah Elive dan gOS.

Meskipun anda bisa menginstalasi desktop pilihan anda sendiri, prosesnya tidaklah semudah yang dikira. jika anda tidak mau pusing memikirkan dependencies atau repositories yang perlu ditambahkan untuk menginstalasi KDE yang terbaru,anda pilih saja distribusi yang menggunakan desktop tersebut sebagai defaultnya.

Sekuriti

Linux merupakan salah satu OS yang paling aman, meskipun tidak semua distribusi dibuat sama amannya. ada distribusi yang difokuskan ke sekuriti seperti Trustix, yang diklaim sebagai distribusi Linux paling aman, namun distribusi Linux paling aman sebenarnya adalah distribusi yang dikonfigurasikan dengan baik. tetapi jika anda ingin solusi sekuriti instan, distribusi yang bisa digunakan adalah Trustix, Engarde Linux, dan Bastille Linux.

Maksud Penggunaan

Kita semua tidak sama dalam menggunakan komputer. beberapa butuh multimedia. beberapa butuh server. beberapa butuh development. beberapa butuh workstation biasa untuk mengetik dan browsing internet. untungnya ada distribusi Linux untuk setiap kebutuhan. ada yang butuh server? coba Ubuntu Server Edition, apakah anda bermain multimedia?jika ya coba SmartCom Multimedia Edition. jika anda adalah user biasa (office suite,e-mail,web) bisa memilih semua disribusi.

Penggunaan Laptop

Selain harus menangani wireless dan video card, anda juga harus berharap bahwa laptop anda akan bisa melakukan hibernation. ini merupakan salah satu hal yang paling rumit. supaya laptop bisa suspend atau hibernate itu bergantung kepada apakah laptop anda cocok dengan distibusi yang digunakan. taruhan terbaik adalah mencari di google dengan memasukkan pabrikan dan model laptop anda serta kata kunci "Linux suspend" untuk mencari distribusi yang paling cocok untuk anda.

Wireless pada laptop anda akan menjadi proses yang menantang. namun ada tip untuk membantu anda jangan lupakan tool Exalt dan segera ke WCID (http://wicd.sourceforge.net/). tool ini jauh lebih baik dalam menangani berbagai bentuk otentikasi wireless.

Instalasi

Jika benar-benar ingin menggunakan Linux, anda punya dua pilihan yaitu mencari vendor yang menjual mesin dengan Linux yang sudah terinstalasi di dalamnya atau menginstalasinya sendiri. jika anda belum pernah menginstalasi operating system, janganlah resah itu tidak sulit. memang akan butuh waktu tapi hampir semua distribusi Linux modern sudah mempunyai instalasi dengan GUI sehingga anda tinggal tunjuk dan klik. dan Linux juga sudah selangkah lebih maju dari kompetitornya dengan hadir dalam bentuk live CD.

Anda bisa memasukkannya ke dalam mesin, boot dari situ dan mencoba Linux tanpa harus menginstalasi apapun. Linux dalam bentuk live CD berjalan lebih lambat dibandingkan dengan yang diinstalasi pada harddisk (dan itu akan bergantung kepada jumlah RAM yang dipunyai mesin anda) tapi anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana reaksinya terhadap hardware anda (dan bagaimana reaksi anda terhadap Linux itu sendiri). Ada distribusi yang proses instalasinya lebih baik dibandingkan yang lain, jika anda tidak ingin melakukan instalasi cari saja vendor yang menjual Linux yang sudah terinstalasi.

Komunitas

Aspek ini hanya diketahui dan dipahami oleh orang tertentu,tapi tetap tidak boleh kita lewatkan. Linux lebih dari sekedar operating system. Linux mempunyai hubungan darah dengan Apple,yaitu komunitas. Linux adalah tentang kebebasan dan komunitas menganut hal itu beberapa malah lebih dibanding yang lain. jadi jika komunitas penting bagi anda, maka Ubuntu adalah distribusi yang cocok utnuk anda. jika tidak, anda bisa ke yang lain yang lebih corporate yaitu Red Hat, dimana anda akan mendapatkan customer service dan support.

Hal ini membawa kita ke isu yang berhubungan yaitu support. ada banyak bentuk support. setiap distribusi mempunyai mailing list sendiri dimana anda bisa berhubungan dengan ratusan user dari berbagai tingkat pengalaman. jika anda termasuk orang yang suka melakukan sesuatunya sendiri,support semacam ini cocok dengan anda. dan ini free! jika anda bukan termasuk DIY, harus tetap menggunakan SuSe atau Red Hat,dimana anda bisa membeli paket support lengkap untuk instalasi anda.

Jika memilih distibusi yang lebih digerakkan oleh komunitas, anda akan berada di tangan yang lebih baik. kadang mungkin anda akan lebih merasa puas jika dapat berbicara secara langsung dengan pengembang aplikasi yang bersangkutan. bila melakukan hal tersebut dengan Microsoft dan Apple bukanlah hal yang mudah. dengan Linux anda tidak akan pernah tahu. bukan tidak mungkin ketika anda sedang mencari informasi tentang kernel Linux anda berbicara dengan pencipta Linux yaitu Linus Torvalds itu sendiri.(Gunung Sarjono)

0 comments:

Post a Comment