Pages

Saturday 16 February 2013

Layanan Push E-mail

Sekilas Tentang Push E-mail.

Pengertian tentang sebutan push e-mail sendiri cukup beragam. namun dari beberapa sumber,pengertian push e-mail adalah sebuah sistem e-mail yang memiliki kemampuan always on atau menyala terus. dimana setiap e-mail yang masuk ke dalam mail sever akan langsung diteruskan (pushed) kepada e-mail client. yang dimaksud e-mail client disni adalah aplikasi e-mail baik yang ada di dalam PDA,smartphone, ataupun yang ada di dalam PC.

Push e-mail ini sebenarnya sudah ada sejak dulu untuk koneksi wired menggunakan koneksi internet berbasis kabel yang memang juga sudah ada sejak dulu. dimana koneksi ini biasanya digunakan untuk PC dan laptop. dan mungkin anda sedang menggunakannya saat ini.

Sedangkan untuk push e-mail berbasis wireless memang kali pertama dikenalkan dan digunakan oleh device dari Blackberry, dimana produk ini memadukan antara portable device dan wireless sehingga terciptalah ungkapan always on.

Perangkat yang dibutuhkan.

Ada beberapa perangkat yang anda perlukan sebelum anda bisa menggunakan layanan push e-mail tersebut. diantaranya sebuah perangkat PC dan laptop yang dilengkapi dengan port usb. perangkat PC dan laptop ini digunakan untuk mendownload dan menginstal aplikasi push e-mail gratis ke dalam PDA atau smartphone anda. berikutnya adalah koneksi internet juga diperlukan, karena ada beberapa layanan push e-mail yang mengharuskan anda melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum anda bisa menggunakan aplikasi tersebut meskipun aplikasi tersebut gratis.


yang paling penting adalah device PDA atau smartphone anda memiliki operating system windows mobile,karena dari semua OS yang ada seperti Symbian,Palm,dan lain-lain, OS ini yang paling mudah digunakan. 

Emoze



Ini adalah aplikasi push e-mail yang saat ini paling banyak digunakan dan kemungkinan juga memiliki hit download paling banyak. Emoze bisa digunakan pada PDA atau smartphone dengan operating system windows mobile atau symbian. instalasi emoze bisa dilakukan langsung melalui device milik anda atau anda download telebih dahulu ke dalam PC. setelah terinstal anda diharuskan membuat account baru,wajar untuk setiap aplikasi push e-mail yang baru anda instal.

interface yang utama yang bisa anda temukan adalah inbox, outbox, dan sent yang memang terlihat cukup mungil. rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menerima e-mail yang di pushed sekitar 1-2 menit. ini juga tergantung koneksi yang anda terima di lokasi anda menerima e-mail tersebut. minusnya emoze adalah tidak mensupport e-mail yang memiliki attachment.

Seven  



Berbeda dengan emoze,sebenarnya seven adalah aplikasi push e-mail yang berbayar,namun ia juga menyediakan aplikasi gratisannya. sebelum menginstal aplikasi ini ke dalam PDA atau smartphone pastikan anda sudah melakukan registrasi terlebih dahulu ke website resminya. instalasi cukup mudah pastikan terlebih dahulu setting koneksi data GPRS pada device anda sudah tersetting dengan baik. pada pilihan menu awal anda akan dihadapkan pada pilihan menu pembuatan account e-mail,yaitu: 

  • work untuk pemilihan corporate e-mail yang pasti memiliki mail server sendiri.
  • Yahoo! untuk pilihan e-mail Yahoo! anda akan di push ke device anda.
  • Gmail untuk pilihan account e-mail Gmail anda.
  • AOL mail untuk account e-mail anda yang berjenis ini jika ada.
  • Hotmail untuk pilihan account jenis ini.
  • Other POP,account e-mail di luar dari pilihan diatas.
  • Other IMAP, account e-mail selain yang diatas yang memiliki fitur IMAP.
selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan setting standar pengisian e-mail address dan password. ikuti saja langkah yang diinstruksikan oleh aplikasi tersebut. dan secara otomatis jika data yang dimasukkan benar,anda sudah bisa menggunakan fitur push e-mail dalam device anda.

kelemahan dari aplikasi ini adalah baterai anda akan sangat boros dan kemungkinan pembengkakan penggunaan koneksi GPRS.

Ventus 



Banyak tentunya yang sudah mengenal aplikasi yang satu ini,aplikasi ini menghadirkan layanan push e-mail secara real time ke device anda. baik pengiriman dan penerimaan berbentuk attachment didukung oleh apikasi ini. namun jika sudah mengandung attachment, bersiaplah untuk melihat pulsa anda habis digunakan untuk koneksi GPRS.

berbagai fitur dimiliki antara lain receive, reply dan forwarding termasuk attachment yang ada di dalam e-mail tersebut. sedangkan untuk fitur calendar, personal contact, dan corporate contact hanya tersedia untuk ventus dengan versi corporate. untuk e-mail yang didukung adalah e-mail gratis seperti Yahoo mail, Gmail dan e-mail perusahaan yang memiliki mail server sendiri yang memiliki basis POP3 atau IMAP4. ada juga server e-mail lain yang didukung, namun hanya untuk konsumsi ventus corporate saja seperti microsoft exchange 5.5,2000,2003, dan lotus domino 6.0 dan 6.5.

untuk operating system devicenya sementara ventus gratis hanya mendukung Symbian, Symbian UIQ, windows mobile pocket PC, dan windows mobie smartphone. sedangkan untuk ventus corporate sudah mendukung windows mobile 5.0. berbeda dengan corporate e-mail, dimana disini anda bisa melakukan setting terhadap e-mail kantor anda yang tentunya memiliki mail server sendiri. langkah yang diperlukan memang agak panjang dan membutuhkan aktivasi sebelum anda bisa menggunakan fitur ini. kekurangan mungkin masih sama dengan aplikasi push mail yang lain yaitu memakan baterai device lebih cepat dari biasanya.

Morange  



Kelebihan aplikasi ini adalah aplikasi yang multifungsi karena selain bisa digunakan utnuk fungsi push e-mail, ia juga bisa bisa digunakan untuk fungsi lain yang beragam seperti chatting, rss feed reader, penyimpanan virtual, melakukan remote desktop, dan masih banyak lainnya.

aplikasi ini memiliki dua versi yaitu yang gratis (standart) dan berbayar (VIP). perbedaan adalah pada fitur yang diberikan tidak semua fitur VIP ada pada edisi standarnya. namun uniknya pada saat anda mendaftar baru sebagai user, maka anda akan diberikan masa aktif satu bulan untuk versi VIP. anda juga bisa memperpanjang masa aktif tanpa harus membayar dengan cara mempromosikan aplikasi ini kepada teman atau rekan anda. cukup menarik aturan yang diberlakukan.

aplikasi morange ini memiliki berbagai fungsi antara lain:
  • kemampuan melakukan push e-mail yang disertai attachment, sementara hanya mendukung mail server yang menggunakan POP3 seperi contoh e-mail Yahoo atau Gmail. namun tentu saja e-mail corporate anda bisa juga di push karena biasanya mail server corporate sudah menggunakan teknologi POP3 atau IMAP4.
  • selain sebagi push e-mail ia juga bisa digunakan untuk instant messaging atau yang lebih anda kenal dengan chatting. messaging yang didukung hampir semua yaitu MSN,GTalk,QQ,ICQ,AOL dan tak ketinggalan juga yahoo messenger.
  • fitur lain ia bisa digunakan juga sebagai RSS feed reader untuk selalu mengikuti berita-berita baik dari newsfeed maupun RSS blog
  • fitur ini belum dimiliki oleh aplikasi sejenis yang lain, yaitu virtual storage. dimana dengan fitur ini anda bisa menyimpan data dengan batasan 50MB. cukup besar memang untuk sebuah virtual storage.
  • satu lagi fitur yang juga menarik adalah remote desktop dan PIM sync, dimana anda bisa melakukan synchronize terhadap dekstop anda dan juga melakukan remote. namun ini memerlukan aplikasi tambahan yang terinstal pada dekstop PC anda dan juga PC anda harus menyala setiap waktu.
 
secara keseluruhan tampilan dari morange cukup menarik interfacenya cukup cantik,aplikasi ini memang berukuran cukup besar untuk ukuran PDA atau smartphone device yaitu sekitar 400 KB untuk file mentahnya. kinerja cukup baik untuk push e-mail send dan receive berkisar antara 2-3 menit, chatting maupun RSS feed bisa berfungsi dengan lancar. kekurangan dari produk ini adalah ia bersifat terbatas atau memiliki limitasi hanya satu bulan saja untuk anda bisa menggunakan seluruh fitur yang ada pada morange.

Cortado 



Lain dari beberapa aplikasi push e-mail,cortado bukan merupakan sebuah aplikasi namun lebih berupa layanan e-mail berbentuk web based. cortado akan memberikan layanan e-mail yang bisa diakses untuk beberapa tipe PDA dan smartphone tertentu saja. e-mail yang masuk ke cortado akan diteruskan langsung ke device anda dengan notifikasi. cortado menggunakan microsoft exchange 2003 untuk basis teknologi push e-mail yang digunakan.

cortado menggunakan teknologi IMAP4 dan memang sengaja tidak disediakan aplikasi tambahan. anda bisa langsung menggunakan fitur push e-mail yang dimilikinya dengan cara melakukan setting e-mail client biasa yang terdapat pada device PDA atau smartphone anda bain yang ber-OS windows moble, java atau symbian bisa menikmati fitur tersebut.

Mail2web 



Layanan push e-mail ini mirip dengan cortado yang mengandalkan web based. masih sama dengan cortado anda diharuskan mendaftar telebih dahulu untuk memiliki account mail2web untuk bisa menikmati layanan push e-mail yang ditawarkan. mail2web memberikan fasilitas e-mail yang memiliki kemampuan untuk melakukan synchronize melalui koneksi GPRS dan dukungannya akan micrsoft exchange ActiveSync server membuat pengguna PDA atau smartphone dengan OS windows mobile ataupun symbian bisa menikmati layanan push e-mail dari mail2web, asalkan device tersebut sudah diinstal aplikasi mail4exchange.

sama seperti cortado anda memiliki account e-mail lainnya, anda bisa langsung memforward account e-mail anda tersebut ke account milik mail2web. mail2web memiliki fasilitas exchange ActiveSync server sehingga ia juga memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi data calendar dan task langsung ke dalam device yang anda gunakan.(Alexander P.H Jularso)

0 comments:

Post a Comment